Rational Unified Process


Assalamualaikum,🙂

Salam sejahtera buat teman-teman semua🙂, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas materi tentang Rational Unfied Process atau disingkat RUP.  Pembahasan saya kali ini tidak  hanya akan membahas dari 1 sumber,  saya akan mencoba membandingkan pengertian atau penjelasan tentang RUP dari beberapa sumber, baik itu buku ataupun tulisan-tulisan yang ada di website.

Yuk, kita mulai pembahasannya,🙂

Menurut Philippe Kruchten dalam bukunya yang berjudul ” The Rational Unified Process: An Introduction (2nd Edition)”  The Rational Unified Process is a software engineering process. It provides a disciplined approach to assigning tasks and responsibilities within a development organization. Its goal is to ensure the production of high-quality software that meets the needs of its end users within a predictable schedule and budget.”

yang artinya kurang lebih adalah seperti ini😀

“RUP adalah proses rekayasa perangkat lunak. Ini menyediakan pendekatan disiplin untuk menetapkan tugas dan tanggung jawab dalam pengembangan organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan produksi perangkat lunak berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pengguna akhir dalam jadwal diprediksi dan budget.”

Sedangkan menurut  Aswin dalam websitenya http://blog.unsri.ac.id/aswin/  “ Rational Unified Process adalah salah satu proses perekayasaan perangkat lunak yang mencakup keseluruhan siklus hidup pengembangan perangkat lunak dengan mengumpulkan berbagai latihan terbaik yang terdapat dalam pengembagan perangkat lunak.”

Kemudian menurut Margaret Rouse dalam blognya http://searchsoftwarequality.techtarget.com/definition/Rational-Unified-Process “ Rational Unified Process (RUP) is an object-oriented and Web-enabled program development methodology. According to Rational (developers of Rational Rose and the Unified Modeling Language), RUP is like an online mentor that provides guidelines, templates, and examples for all aspects and stages of program development. RUP and similar products — such as Object-Oriented Software Process (OOSP), and the OPEN Process — are comprehensive software engineering tools that combine the procedural aspects of development (such as defined stages, techniques, and practices) with other components of development (such as documents, models, manuals, code, and so on) within a unifying framework.”

yang perngertiannya kurang lebih adalah seperti ini😀

“RUP adalah seperti sebuah mentor online yang menyediakan pedoman, templates, dan contoh untuk semua aspek dan tahap pengembangan program. Rup dan produk sejenis – seperti proses object-oriented perangkat lunak ( oosp ), — adalah perekayasaan piranti lunak secara komprehensif dengan tools yang menggabungkan aspek prosedural pembangunan ( seperti yang didefinisikan tahap, teknik – teknik, dan praktek ) dengan komponen pembangun lainnya ( seperti dokumen, model, manual, kode, dan seterusnya ) dalam sebuah kerangka pemersatu.”

Dari ketiga orang diatas, memang terlihat pengertian yang berbeda beda, tetapi initinya tetaplah sama. Kalau menurut saya, setelah membaca dan memahami pengertian yang di tulis oleh ketiga orang tersebut.

Menurut saya Rational Unified Process (RUP) adalah salah satu proses yang ada di Software Enginering atau Rekayasa Perangkat Lunak, yang didalamnya terdapat sebuah proses dimana Software itu dibuat dengan mengunakan metode atau cara yang terstruktur didalam sebuah tim atau organisasi, dengan tujuan menghasilkan produk software yang bermutu tinggi, tetntunya dalam schedule dan badget yang telah disepakati.

Di dalam penjelasan dari ketiga sumber diatas, hampir semuanya sepakat, bahwa di dalam RUP terdapat 6 Praktek Pengembangan perangkat lunak modern terbaik, yaitu :

  1. Develop software iteratively.
  2. Manage requirements.
  3. Use component-based architectures.
  4. Visually model software.
  5. Continuously verify software quality.
  6. Control changes to software.

Selain enam Praktek tersebut, ada tiga feature yang penting pada Rational Unified Process yang tidak boleh diabaikan, antara lain :

  1. Peran dari use case dalam mengontrol aspek dalam pengembangan.
  2. Penggunaannya sebagai kerangka proses yang dapat dikhususkan dan diperluaskan oleh suatu organisasi yang mengadopsinya.
  3. Kebutuhan akan tools pengembangan perangkat lunak dalam mendukung proses.

Kemudian ada tahap tahap yang harus dilakuan di RUP, berikut adalah tahapannya,

1. Insepsi

  • Merupakan tahap awal dari proses Rational Unified Process
  • Menentukan ruang lingkup objek
  • Membuat “business case”
  • Menjawab pertanyaan “apakah yang dikerjakan dapat menciptakaan ‘good business sense’ sehingga proyek dapat dijalankan”

2. Elaborasi

  • Merupakan tahapan kedua dalam perancangan perangkat lunak.
  • Menganalisa risiko dan berbagai persyaratan.
  • Menetapkan batasan-batasan pada perancangan perangkat lunak.

3. Konstruksi

  • Tahap ketiga dalam pengimplementasian perancangan perangkat lunak.
  • Melakukan sederatan iterasi.
  • Pada setiap iterasi juga melibatkan proses-proses seperti analisa, desain, implementasi, coding.

4. Transisi

  • Tahapan terakhir untuk instalasi, deployment, dan sosialisasi perangkat lunak.
  • Melaksanakan apa yang sudah dimodelkan menjadi suatu produk jadi.
  • Dalam tahap ini dilakukan fase seperti:
    • Performance testing
    • Membuat dokumentasi tambahan.
    • Membuat peluncuran produk ke komunitas pengguna.

Itu saja yang bisa saya tuliskan, mungkin penjelasan saya mengenai RUP di atas kurang lengkap atau ada yang salah, silahkan teman teman boleh memberikan saran atau kritikan melaui kolom komentar, supaya untuk kedepannya, tulisan tulisan saya bisa lebih maju dan bagus.

Terimakasih sudah berkenan mampir ke Blog saya ya..🙂

Salam,

Wahyu Utomo

2 responses

  1. artikel bagus,
    sangat membantu untuk menyelesaikan tugas kuliah🙂

    News & Magazine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: